CUCI MATA SAMBIL DIRAMAL

Charity Garage Sale, kegiatan sosial yang diadakan oleh Bali Charity Community
Oleh: Ames Laksmi
Memiliki hobi belanja dengan harga terjangkau menjadi rutinitas remaja putri. Ketika ada postingan tentang diadakannya garage sale di sebuah kafe anak muda di daerah Denpasar Selatan, banyak remaja langsung tertarik mengunjungi mereka. Selidik punya selidik, Nama cafenya adalan Jim’s Café yang bersebelahan dengan store Jimmy Butcher. Ternyata setelah tanya-tanya dengan panitia di sana mereka mengadakan garage sale atas dasar kegiatan sosial karena mereka berasal dari sebuah komunitas sosial di Bali dengan nama “Bali Charity Community” yang sudah sering mengadakan kegiatan sosial. Mereka pun memilih kegiatan yang unik karena jarang ada kegiatan garage sale di sebuah tempat makan.
Acara yang diadakan selama 2 hari yaitu, 14-15 Maret 2015, Kakak-kakak panitia pun sangat ramah dan terbuka ketika ditanya tentang acara charity ini. Mereka benar-benar membanting harga, kebanyakan dijual mulai dari hara Rp 10.000,00 sampai dengan Rp 100.000,00. Barang yang dijual tidak hanya baju, namun novel, komik, dompet, tas, sepatu dan boneka yang masih sangat bagus dan layak pakai. Tujuan dari acara charity ini pun sangat mulia. Jadi mereka mengumpulkan banyak baju karena sebuah tujuan yaitu membantu seorang anak yang terkena kanker pada saluran kencingnya namun ternyata tuhan lebih sayang dengan anak itu sebelum mereka membantu anak itu, mereka bertemu dengan owner Jimmy Butcher yang sepemikiran pada mereka dan akhirnya bekerjasama untuk menggunakan kafe sebagai tempat kegiatan charity. Kegiatan dari garage sale ini berupa menjual kembali baju-baju yang sudah kekecilan atau kebesaran yang didonasikan dari teman-teman relawan mereka dan disortir kembali yang mana masih layak untuk dipakai. Mereka juga bekerjasama dengan orang yang bisa membaca garis tangan dan kartu tarot yang banyak digandrungi oleh remaja terutama masalah percintaan dan karir dimulai dari harga Rp 15.000,00. “Barang-barang di garage sale ini bagus-bagus dan termasuk murah dan tentu saja memiliki tujuan yang mulia.” Ujar salah satu pengunjung. Hasil dari Charity garage sale mereka akan didonasikan 80% ke yayasan Dria Raba Denpasar yaitu yayasan tuna netra yang memiliki anak-anak potensial tinggi namun terbatas pada operasional dan sisanya digunakan untuk inventaris komunitas dan mendanai kegiatan selanjutnya.

            Sempat cuap-cuap dengan owner Jimmy Butcher sekaligus pemilik Jim’s Café, kak Agus Dwipayana. Kak Agus mengatakan bahwa dia sangat antusias dan setuju karena menggunakan tempat miliknya. “Memang Jim’s Café yang menggunakan urban style pada storenya mengatakan bahwa tempat ini sangat strategis yaitu di Jalan Barito depan Toko Buku Garuda Wisnu, Denpasar Selatan dan itu merupakan kebanggaan sendiri bagi saya selaku owner yang memiliki sisi yang sama dengan komunitas Bali Charity”. Kak Agus sangat salut pada kepedulian sosial pada komunitas Bali Charity yang tidak mematok umur dan bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama yang bekaitan dengan hal-hal sosial. “Semoga kegiatan Charity Garage Sale ini mampu memberikan energi untuk anak-anak muda lainnya untuk bisa berkontribusi terhadap sosial”. Harapnya tegas.

CONVERSATION

0 Comments:

Posting Komentar