Sultan Dadakan Bali Rangkul Anak Muda Rajin Menabung

Sebagai generasi milenial yang juga nyerempet ke generasi z, aku juga merasakan bagaimana sulitnya mengatur keuangan di tengah gempuran teknologi saat ini.

Perasaan fear of missing out (FOMO) dan you only live once (YOLO) juga jadi makanan sehari-hari untuk memenuhi ‘keinginan’ yang sesungguhnya luput dari kebutuhan.

Beruntungnya, pada sabtu (28/10/2023) lalu aku mengikuti acara “Sultan Dadakan Bali” di Living World Denpasar. 

Bank Sahabat Sampoerna melalui Sampoerna Mobile Banking mengajak milenial dan Gen Z untuk memiliki gaya hidup yang bersumber pada pengelolaan keuangan yang matang dan sejahtera (financial well-being).

Sampoerna Mobile Banking (SMB) adalah layanan perbankan digital milik Bank Sampoerna dapat membantu milenial dan gen z untuk mencapai kedewasaan dalam mengelola keuangan, terutama melalui berbagai fitur, salah satunya adalah tabungan Sampoerna Mobile Saving.

Melalui “Sultan Dadakan Bali”, Bank Sahabat Sampoerna membawa keseruan acara seperti MB Activation Booth, F&B tenants, Talkshow, 360’ Photo Booth, penampilan guest star Not So Koplo dan Fourtwnty, serta membagikan total 136 hadiah undian senilai Rp300 juta dan doorprize khusus warga Denpasar dan Bali dengan hadiah utama Rp10 juta.

Tenan UMKM dan 360’ Photo Booth

Sebagai bank yang berfokus terhadap pengembangan UMKM, maka acara “Sultan Dadakan Bali” kemarin juga mengajak mitra UMKM untuk memamerkan dan menjual produk mereka.

Mitra UMKM yang hadir kebanyakan berasal dari tenan F & B. Sangat cocok untuk melepas lapar dan dahaga di tengah riuhnya acara.

Bertepatan pada hari Sumpah Pemuda dan tentunya juga dihadiri oleh banyak pemuda, acara ini juga mengajak penonton untuk mencoba 360’ photobooth. 

Penonton pun beramai-ramai mengabadikan dirinya di momen ini.


Talkshow Edukasi Literasi Keuangan dan Penarikan Undian

Saat mengikuti talkshow dari Bank Sahabat Sampoerna kemarin, aku mendapatkan istilah latte factor yang mendefinisikan hal-hal kecil yang rutin dibelanjakan meskipun tidak terlalu penting. Di mana kita selalu belanja untuk keinginan bukannya kebutuhan.

Latte factor ini ternyata dapat memengaruhi keseimbangan cash flow yang dapat membuat milenial dan gen z sulit menabung untuk masa depan sehingga merusak stabilitas finansial.

Cara untuk keluar dari latte factor ini tentunya adalah dengan penyeimbangan pengeluaran untuk gaya hidup dan siasat penyisihan uang dengan menentukan tujuan pengeluaran.

Talkshow yang bertajuk “Ngopi Tiap Hari, Tabungan Jadi Lari?” diisi oleh pembicara yang mumpuni di bidang keuangan seperti Ealsya S Prosa (lifestyle content creator), Ringo Nugraha Winata (Funding Business Division Head Bank Sahabat Sampoerna), Henky Suryaputra (Finance & Business Planning Director of PT. Bank Sahabat Sampoerna), dan Oktavia Laksmi Wardani (Lending & Fintech Product and Partnership Division Head of PT. Bank Sahabat Sampoerna).

Keempat pembicara tersebut mengedukasi penonton untuk menyisihkan pendapatan minimal 30% untuk menabung. Melalui layanan Sampoerna Mobile Banking, milenial dan gen z yang sudah familiar dengan teknologi dapat menggunakan berbagai layanan untuk melakukan transaksi sehari-hari, tetapi juga mencapai gaya hidup yang matang dan sejahtera dalam mengelola keuangan.

Acara yang paling ditunggu-tunggu tentu saja penarikan undian periode September 2023 & Undian Grand Prize periode poin Juli-September 2023 untuk nasabah Sampoerna Mobile Saving yang beruntung dengan total hadiah undian sebesar Rp300.000.000. Ada pula penarikan doorprize Sultan Dadakan BALI dengan hadiah utama Rp10.000.000.

Acara Hiburan: Kapan Lagi Nonton Fourtwnty gratis?

Semakin malam, acara Sultan Dadakan Bali semakin meriah. Ada penampilan fire dance hingga konser musik yang sudah ditunggu-tunggu.

Ketika Fourtwnty naik panggung, penonton jadi semakin ramai dan bersemangat.

Tidak sampai disitu saja, panggung jadi semakin meriah dengan penampilan Not So Koplo. 

Saat itu kebetulan hari sumpah pemuda dan malam minggu yang semakin meramaikan panggung Sultan Dadakan Bali. 

Sultan Dadakan merupakan wujud dari komitmen Bank Sampoerna dalam memberikan apresiasi kepada nasabah berbentuk Undian Grand Prize Sampoerna Mobile Saving setiap tiga bulan sekali.

Acara yang sama juga telah digelar di Kota Jakarta, Makassar, Medan, Pekanbaru, Bandung, dan Tangerang. Beruntungnya Bali juga kebagian untuk diberikan apresiasi kepada segenap nasabah mereka.

Keunggulan Sampoerna Mobile Banking

Seperti diketahui, fitur-fitur yang tersedia di layanan Sampoerna Mobile Banking, di antaranya: 

  • Pembukaan rekening cukup dengan smartphone & bebas biaya admin bulanan.

  • Transfer antar bank, pembelian dan pembayaran tanpa ribet, transaksi belanja menggunakan QRIS, top up e-wallet.

  • Penarikan tunai secara gratis di ATM mana pun sejumlah 30x per bulan, hingga kesempatan untuk memenangkan undian berhadiah.

Sampoerna Mobile Banking juga menghadirkan produk tabungan terbaru yang berbasis sepenuhnya secara online, yaitu Sampoerna Mobile Saving (SMS). Dengan SMS, nasabah ditawarkan beberapa keunggulan, yaitu:

  • Membuka tabungan menjadi lebih praktis tanpa setoran awal.

  • Tidak ada biaya admin bulanan.

  • Program undian berhadiah setiap bulan sepanjang tahun dengan total hadiah Rp3 miliar.

Acara yang meriah dan dapat merangkul anak muda untuk tetap menabung di tengah budaya konsumtif saat ini. Selamat dan sukses untuk Bank Sahabat Sampoerna!

CONVERSATION

0 Comments:

Posting Komentar